Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Pesawat Kontributor Terbesar Inflasi Pontianak

Kompas.com - 17/07/2012, 16:35 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Harga tiket pesawat yang melambung tinggi pada musim liburan ini, memberi sumbangan sangat besar terhadap inflasi di Kota Pontianak. Inflasi bisa lebih tinggi, karena harga tiket kemungkinan besar masih akan tinggi pada Ramadhan dan Idul Fitri.

Inflasi bulanan pada Juni lalu sebesar 0,13 persen dan 6,83 persen pada Juni 2012 terhadap Juni 2011. Jika tanpa kontribusi angkutan udara, inflasi Juni 2012 terhadap Juni 2011 bisa berkurang 1 persen.

Wakil Wali Kota Pontianak, Paryadi, Selasa (17/7/2012), mengatakan, pihaknya akan meminta maskapai untuk menambah penerbangan ke Pontianak.

"Kami akan meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Kalbar, untuk menyampaikan hal ini kepada maskapai. Selain membebani masyarakat, harga tiket yang begitu tinggi juga membebani perekonomian karena menambah inflasi," kata Paryadi.

Paryadi menambahkan, sebetulnya sudah ada batas atas dan batas bawah tiket transportasi darat, laut, dan udara. Namun, batas atas tiket pesawat seringkali terlampaui ketika permintaan konsumen meningkat.

"Supaya harga bisa ditekan, solusinya dengan menambah penerbangan ke Pontianak," kata Paryadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com