Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Air Ke 3.000 Pelanggan di Ambon Terputus

Kompas.com - 16/07/2012, 16:21 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON,KOMPAS.com- Longsor yang terjadi di kawasan Mangga Dua, Ambon, Maluku, Minggu (15/7/2012) malam, memutuskan pipa-pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ambon. Pipa-pipa ini mendistribusikan air bersih ke separuh dari seluruh pelanggan PDAM Ambon atau sekitar 3.000 pelanggan.

Direktur Utama PDAM Ambon Edwin Pattikawa mengatakan hal ini saat ditemui di kawasan Mangga Dua, Senin (16/7/2012).

"Kerusakan pipa yang terjadi sangat berat. Kami belum bisa perkirakan kapan distribusi air bersih ke warga normal. Namun kami akan mengupayakan perbaikan secepatnya," katanya.

Selain memutuskan pipa-pipa milik PDAM Ambon, longsor juga memutuskan satu-satunya jalan penghubung dari Mangga Dua ke empat desa, yaitu Tuni, Mahia, Kusu-Kusu, dan Talaga Raja, terputus. Ruas jalan yang terputus itu sepanjang sekitar 50 meter.

Akhir Juni lalu, separuh badan jalan sudah longsor. Namun pemerintah hanya memperbaikinya dengan menimbun pasir dan batu. "Padahal seharusnya talud penahan tebingnya diperkuat dulu baru ditimbun pasir dan batu," ujar Enang Limahelu (40), salah satu warga.

Kini warga berharap ada jalan alternatif yang segera dibangun pemerintah agar warga tidak terisolasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com