Selasa, 22 Juli 2014

News / Regional

SAMPANG

Mau Nyalon di Pilkada, Sekda Dimutasi Jadi Staf Kelurahan

Rabu, 11 Juli 2012 | 16:05 WIB

SAMPANG, KOMPAS.com - Diduga gara-gara berniat mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Sekretaris Daerah Sampang, Hermanto Subaidi dimutasi. Hermanto dipindahkan menjadi staf biasa di Kelurahan Polgan, Kecamatan/Kota Sampang.

Mutasi Hermanto Subaidi dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sampang, Rohim. Menurut Rohim, surat mutasi Hermanto tertuang dalam surat keputusan bupati No.X.824.4/110/424/206/2012.

"Suratnya saya terima kemarin, tapi saat ini yang bersangkutan belum masuk ke kantor kelurahan. Jika yang bersangkutan sudah masuk kantor, nanti suratnya akan diserahkan ke pihak kelurahan," terang Rohim, Selasa (10/7/2012).

Kini jabatan Sekda Sampang untuk sementara dipegang Tantowi. Saat dikonfirmasi melalui telepon selular Tantowi juga membenarkan terkait mutasi Hermanto. Bahkan, Tantowi mengklaim keputusan bupati sudah sesuai dengan keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Nasional. "Mutasi tidak semena-mena dilakukan. Itu sudah berdasarkan kajian di Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat)," terangnya singkat.

Hermanto Subaidi, ketika ditemui di kediamannya di Jalan Lawu, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Kota Sampang, mengaku belum masuk ke kantornya yang baru itu. "Saya belum sempat masuk kantor karena tamu cukup banyak," terangnya.

Menanggapi mutasi tersebut, Hermanto sama sekali tidak mempersoalkan keputusan Bupati Sampang. "Saya serahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk menilainya. Sejelek-jeleknya orang, pasti iba melihat kejadian ini," ucapnya.

Hermanto sendiri saat ini mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Sampang pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Sampang yang akan digelar Rabu, 12 Desember 2012 mendatang. Dia berangkat melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sampang.

Diduga, mutasi ini karena Hermanto akan bersaing dalam Pilkada bersama Bupati Sampang, Noer Tjahja yang kembali akan mencalonkan diri. Sebab, sebelumnya niat Hermanto untuk nyalon, sempat dipersoalkan Noer Tjahja, karena yang bersangkutan tidak mengantongi izin dari atasannya.


Penulis: Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman
Editor : Farid Assifa