Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Jalur Alternatif di Jateng Rusak

Kompas.com - 10/07/2012, 14:02 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com —  Banyak jalan alternatif di Jawa Tengah yang rusak. Padahal, jalan alternatif itu sangat penting untuk arus mudik pada Lebaran 2012. Kerusakan itu akibat banyak truk angkutan barang yang melewati jalur-jalur alternatif.

"Jalan alternatif rusak berat, seperti jalur Weleri-Sukorejo-Temanggung, akibat truk-truk leluasa melewati jalur tersebut," ujar Rohadi, warga Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (10/7/2012)

Jalan alternatif lain yang juga rusak adalah jalur di Pejagan-Ketanggungan-Prupuk-Bumiayu di Kabupaten Brebes, kemudian jalur Kudus-Purwodadi-Gundih-Solo yang rusak parah dan jalur alternatif Pemalang-Belik-Bobotsari-Purbalingga.

Pengamat transportasi Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, mengemukakan, sejak jembatan timbang di Jateng berhenti beroperasi akhir tahun 2011,  truk angkutan barang leluasa melintasi jalur-jalur alternatif.

Padahal, jalur alternatif tidak diperuntukkan bagi angkutan truk karena kelas jalan berbeda dengan jalan provinsi ataupun jalan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com