Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Pantura Harus Berhenti H-15

Kompas.com - 09/07/2012, 17:15 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Proyek perbaikan jalan di jalur pantura, Jawa Tengah harus dihentikan pada H-15 menjelang Lebaran agar arus mudik tidak terganggu.

Pengamat transportasi Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, Senin (9/7/2012) mengatakan, perbaikan jalan pantura, terutama ruas barat Jawa Tengah, termasuk pekerjaan berat.

Perbaikan itu meliputi peningkatan jalan dengan betonisasi serta perbaikan jembatan besar di tiga jembatan utama di jalur pantura mulai Brebes sampai Semarang. Tiga jembatan besar itu terdiri jembatan Pemali (Brebes), jembatan Sipait (Pemalang) dan jembatan Rembun di Pekalongan.

Untuk proyek peningkatan jalan dengan sistim rigid beton atau betonisasi, sebaiknya pelaksana proyek tidak terlalu memaksakan diri harus menyelesaikan proyek betonisasi jalan sebelum Lebaran.

Jalan yang sudah terlanjur digali dan dikeruk sepanjang Tegal - Kendal diperkirakan sekitar 20 kilometer. Agar hasil peningkatan jalan maksimal, proses pengerasan beton memerlukan lebih 20 hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com