Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Regional

Pariwisata

Main "Banana Boat" di Pantai Bandengan

Minggu, 8 Juli 2012 | 21:18 WIB

JEPARA, KOMPAS.com - Selama musim liburan sekolah Pantai Bandengan Jepara, Jawa Tengah, ramai dikunjungi wisatawan terutama anak-anak sekolah. Setiap hari terutama di akhir pekan, seperti Minggu (8/7/2012) pantai yang berpasir putih ini diserbu pengunjung.

 

Hampir sebagian besar pengunjung mandi di pantai tersebut. Beberapa menyewa kano dan perahu karet yang digunakan di sekitar pantai. Namun ada permainan yang diminati pengunjung, yakni bermain banana boat dan jetski.

 

Untuk menikmati banana boat, pengunjung harus membayar Rp 30.000 per orang. Satu banana boat dapat di aiki lima orang hingga tujuh orang. Perahu karet yang bentuknya memanjang dan diwarnai seperti pisang itu, kemudian ditarik berkeliling pantai dengan speed boat, sekitar 15 menit.

 

Kendati memicu adrenalin, permainan air ini tetap diminati wisatawan. Saat yang menyenangkan saat banana boat berada di pantai yang agak dalam, dan diterpa ombak sehingga menimbulkan ketegangan. Beberapa pengunjung bahkan berteriak histeris.

"Permainan ini menegangkan, tapi menyenangkan," ungkap Intan, gadis dari Semarang yang berlibur ke pantai tersebut.

 

Lokasi Pantai Bandengan posisinya sekitar tujuh kilometer sebelah utara dari pusat kota Jepara. Selain pasir putih, air pantai ini jernih sehingga membuat pengunjung betah untuk mandi di pantai tersebut. Semakin petang, semakin banyak pengunjung yang mandi. Mereka biasanya sengaja menunggu untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam (sunset) dari arah pantai tersebut.

 

Bagi wisatawan luar kota, tersedia sejumlah hotel di sekitar pantai tersebut. Bahkan ada hotel berbintang telah hadir di kawasan pantai tersebut. Sejumlah wisatawan asing juga datang menikmati keindahan Pantai Bandengan, yang tak kalah menarik dari pantai pasir putih di Bali.


Penulis: Sonya Helen Sinombor
Editor : Agus Mulyadi