Minggu, 21 Desember 2014

News / Regional

Infrastruktur

Jalan Pantura Masih Rusak Parah

Minggu, 8 Juli 2012 | 10:51 WIB

Terkait

TEGAL, KOMPAS.com - Kerusakan jalan negara di jalur pantai utara Jawa Tengah wilayah barat, masih parah. Dari panjang jalan mulai Losari, Brebes hingga Semarang sepanjang lebih 80 kilometer, hampir 50 persen kondisinya rusak.

Pengamatan di jalur pantura, khusunya upaya perbaikan jalan di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Batang, menunjukkan, perbaikan jalan itu hanya dikerjakan lima hari kerja saja. Pada hari Sabtu dan Minggu tidak nampak pekerja di lapangan.

Jalan Jenderal Sudirman sepanjang lebih kurang satu kilometer, dikeruk bagian selatan sedalam 30-40 sentimeter. Jalan itu diperbaiki setelah kondisi sempat ambles dan aspalnya rusak.

Karena hanya satu ruas jalan yang berfungsi, terpaksa arus kendaraan dari arah Semarang menuju Jakarta harus berjalan di satu jalur.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah, Danang Atmojo, mengatakan, perbaikan itu upaya memaksimalkan kondisi jalan supaya siap menghadapi arus mudik pada saat Lebaran mendatang. Jalan yang dikeruk akan diganti dengan beton.

Perbaikan jalan yang ambles dengan dua cara yakni dikeruk atau ditinggikan dengan landasan cor beton. "Jalan saya jamin siap 10 hari (H-10) menjelang lebaran. Semoga arus lalu lintas lancar," kata Danang Atmodjo.


Penulis: Winarto Herusansono
Editor : Agus Mulyadi