Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2012, 21:16 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Bank Indonesia kembali mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu. Selain uang kertas pecahan besar, baru-baru ini juga dibongkar sindikat pemalsu uang logam pecahan Rp 500.

Menurut Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan BI Wilayah VI Lucky Fathul Aziz Hadibrata, penemuan uang palsu terus meningkat di Jawa Barat. Pada triwulan I ditemukan 3.443 lembar uang palsu senilai Rp 214 juta dan pada triwulan selanjutnya meningkat menjadi 3.776 lembar senilai Rp 246 juta.

"Di Jawa Barat, rasio penemuan uang palsu mencapai 0,627 atau ada enam lembar uang palsu di setiap 10 juta lembar uang. Semuanya didominasi nominal Rp 100.000 dan Rp 50.000," kata Lucky, Rabu (4/7/2012), di Bandung.

Terbongkarnya pemalsu uang logam pecahan Rp 500 oleh kepolisian juga diapresiasi BI. Dia menjelaskan, pelaku memanfaatkan kelengahan masyarakat yang tidak memeriksa uang logam yang diterima, tidak seperti uang kertas.

Lucky menjelaskan, ciri-ciri uang logam pecahan Rp 500 emisi tahun 2003 adalah gambar Garuda Pancasila dan bunga melati di baliknya yang dicetak timbul. Ada pula gerigi di lima segmen di tepinya. Di setiap segmen terdapat 10 gerigi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com