Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduk Sendangsari Rusak

Kompas.com - 02/07/2012, 16:15 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -Waduk Sendangsari di Kecamatan Ngawen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mengalami kerusakan. Kerusakan waduk itu diketahui setelah airnya surut, menyusul datangnya musim kemarau di daerah tersebut.

Kerusakan terjadi  pada dinding di sekeliling waduk, termasuk plengsengannya. "Sejumlah titik tanggul waduk itu ambrol, baik di tanah tanggul bagian barat maupun tanggul bagian utara," ujar Nirwanto, warga Desa Sendangsari, Grobogan, Senin (2/7/2012).

Nirwanto mengatakan, kerusakan waduk yang pernah direnovasi pada April 2012 itu, awalnya tidak diketahui oleh petani. Pasalnya, waduk tertutup air di musim hujan.

Namun setelah airnya surut hingga dangkal, titik-titik kerusakan itu nampak jelas. Kerusakan di plengsengan juga semakin parah karena kondisi remuk. Kerusakan tanggul diduga semakin mempercepat menyusutnya air di waduk.

Petani setempat berharap, pihak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah maupun Dinas Pekerjaan Umum Pemerinta Kabupaten Grobogan segera turun tangan guna memperbaiki kondisi bangunan Waduk Sendangsari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com