Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Dampak Negatif Game dan Internet

Kompas.com - 01/07/2012, 23:21 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com- Selama enam bulan terakhir diketahui tujuh anak mencuri untuk memenuhi keinginannya bermain di warung internet atau persewaan playstation. Ini berdasarkan pantauan organisasi non-pemerintah Sahabat Kapas, Solo, terhadap anak-anak dampingannya.

Koordinator Sahabat Kapas Dian Sasmita mengatakan, usia anak yang tengah dalam tahap tumbuh kembang rentan terhadap dampak internet. Dampak negatif beraktivitas di depan layar berwarna dan bergerak, antara lain pada pola hubungan sosial dengan keluarga dan teman.

Menurut Dian, pergaulan anak yang hanya di games online saja membuat para pecandu games online menjadi terisolasi dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Mereka juga terpengaruh perilaku agresif oleh apa yang dilihat dan dimainkan di game online.

"Bahkan dorongan untuk berbuat kenakalan kian besar demi memenuhi hasrat melanjutkan permaiannyanya. Selain itu, konsentrasi anak dalam pelajaran menurun. Tidak hanya itu, paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak," kata Dian, Minggu (1/7/2012).

Untuk itu, peran orang tua sangat diperlukan dalam mendampingi anak-anak memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet untuk hal yang positif. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membatasi waktu anak-anak saat bermain game dan internet.

"Kami bersama beberapa organisasi lainnya berkampanye tentang internet sehat," kata Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com