Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undana Mewisuda Mahasiswa yang Tak Pernah Kuliah

Kompas.com - 30/06/2012, 19:18 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com -- Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), kecolongan mewisuda MNB, mahasiswa yang tidak pernah mengikuti kuliah di perguruan tinggi negeri itu. Pelaku memalsukan 13 dokumen.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Undana, David Pandi mengungkapkan, dari 360 sarjana yang diwisuda pada Sabtu pekan lalu ternyata satu di antaranya palsu. MNB mendaftar sebagai peserta wisuda dari Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Padahal, di Jurusan Matematika hanya satu orang yang layak mengikuti wisuda.

Saat namanya disebutkan sebagai peserta wisuda dan tampil di depan, mahasiswa Jurusan Matematika bingung dan kaget, atas dasar apa yang bersangkutan diwisuda.

Namun demikian, kata David, MNB belum mendapatkan ijazah dan transkrip nilai.

"Pihak Undana sedang menyelidiki kasus ini, apakah MNB bekerja sama dengan orang dalam Undana sendiri, atau melakukan penipuan sepihak," kata David, Sabtu (30/6/2012) di Kupang.

Sebanyak 13 dokumen dipalsukan oleh MNB, antara lain mengisi formulir pendaftaran yang diperoleh dari fakultas, surat keterangan dari fakultas, dan surat keterangan dari ketua jurusan berupa CD (compact disc) yang diserahkan berisi abstrak, jurnal, skripsi dan tesis.

MNB diketahui adalah mahasiswa drop out dari Fakultas Teknik tahun 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com