Kamis, 2 Oktober 2014

News / Regional

Gempa 4,8 SR Berpusat di Selatan Malang

Selasa, 26 Juni 2012 | 20:00 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Kabupaten Malang, Jawa Timur, diguncang gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR). Pusat gempa diketahui berada di kedalaman 36 kilometer, terletak 77 kilometer barat daya Malang.

Menurut keterangan Kepala Stasiun Geofisika Badan Meterologi Klimatologi, dan Geofisika Karangkates, Adi Suprianto, gempa itu, dinyatakan tak berpotensi tsunami.

"Getaran gempa hanya terasa di Kabupaten Malang hingga Blitar dan Tulungagung. Gempa yang menimpa di tiga daerah itu adalah kejadian alam biasa. di beberapa daerah di Jawa Timur memang sering terjadi aktivitas gempa bumi," jelasnya, Selasa (26/6/2012).

Menurutnya, gempa yang menggetarkan bumi tiga daerah itu, diakui tidak berpotensi tsunami. "Hanya dirasakan getarannya cukup keras di Blitar skala 3 MMI," ujar Adi.

Ditanya apakah ada kerusakan akibat gempa tersebut. Adi mengatakan, tidak ada kerusakan berarti. Baik di Blitar dan Malang.

"Sejauh ini Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Malang tengah melakukan pemantauan apakah ada dampak dari gempa bumi. Namun, laporan sementara masih belum ada kerusakan. Korban jiwa juga nihil," katanya.


Penulis: Kontributor Malang, Yatimul Ainun
Editor : Tri Wahono