Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan: Jangan Hanya Berharap Jadi PNS

Kompas.com - 24/06/2012, 12:17 WIB
Kontributor Yogyakarta, Sutarmi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, di Benteng Vredeburg, DI Yogyakarta, Minggu (24/6/2012), mendorong para wirausahawan di Yogyakarta untuk memanfaatkan peluang bisnis dengan memanfaatkan pertumbuhan jumlah wisatawan di Kota Gudeg ini.

"Pertumbuhan wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya harus dapat dimanfaatkan pemuda Yogyakarta untuk meningkatkan taraf hidup sehingga tidak mengandalkan pola pikir menjadi PNS demi mendapatkan kehidupan yang layak," imbau Abubakar dalam pelatihan wirausaha yang digelar Partai Amanat Nasional (MAPAN). 

Azwar menyebutkan, pada musim libur, ada 20 ribu wisatawan masuk ke Yogyakarta. Dengan kondisi itu, Azwar berharap para pemuda peserta pelatihan mampu mengubah pola pikir untuk bisa maju menjadi wirausahawan yang tangguh dan dapat memajukan perekonomian Yogyakarta.

"Program ini akan mendidik generasi muda untuk bisa menjadi wirausaha yang peka akan lingkungan sekitar sehingga mengetahui secara persis peluang usaha di sekitar," harap Azwar.

Azwar mengatakan, semangat berwirausaha harus ditumbuhkan di generasi muda Yogyakarta terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. "Jaringan bisnis akan terkoneksi satu sama lain sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian. Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia akan memberikan atau menyumbangkan peluang usaha daerah ini dengan cara wirausahawan muda di sini bisa bekerjasama dengan wirausahawan di provinsi lain," kata  Azwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com