Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Limbah Hotel Resahkan Pengguna Jalan

Kompas.com - 23/06/2012, 21:54 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Air limbah yang berwarna kehitaman dari Hotel Livero di Jalan Eltari Kilometer 3, Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, sangat mengganggu arus lalulintas kendaraan dan pejalan kaki yang melewati jalur tersebut.

"Tiap hari saya selalu melewati jalur ini dan air limbah dari hotel ini membuat kami kadang-kadang hampir jatuh akibat genangan air yang licin. Selain licin juga baunya sangat menyengat dihidung," kata Antonius Kabiti, warga Benpasi, kepada Kompas.com, Sabtu (23/6/2012).

Menurut Kabiti, tumpahan limbah dari hotel itu, sudah berlangsung lama tetapi dibiarkan saja oleh pemilik hotel dan pemerintah setempat, bahkan terkesan masa bodoh padahal berada persis di jalur jalan protokol kabupaten itu.

Hal senada juga disampaikan oleh Yohanis Manikin dan Mikhael Palbeno, pengendara sepeda motor. Keduanya bahkan mengaku pernah hampir tabrakan di jalur itu karena ingin berusaha menghindari genangan air, yang memenuhi sebagian besar badan jalan. Terkait dengan itu, pemilik hotel Livero, Robert Tanur mengaku kalau tumpahan limbah air dari hotelnya itu akibat tersumbatnya saluran pembuangan dihotelnya sehingga meluber keluar sampai jalan raya.

"Saya minta maaf kepada semua pengguna jalan karena telah mengganggu arus lalulintas. Sebetulnya bukan disengaja, tetapi saluran pembuangannya yang tersumbat dan kita secepatnya akan memperbaikinya," kata Tanur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com