Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Aceh Berpusat dalam Lempeng Indo-Australia

Kompas.com - 23/06/2012, 15:35 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter yang mengguncang sebagian wilayah Aceh, Sabtu (23/6/2012) pukul 11.34, berpusat di dalam lempeng Indo-Australia. Gempa ini terjadi akibat aktivitas lempeng Indo-Australia yang masuk ke bawah Pulau Sumatera.

Peneliti kegempaan pada Pusat Penelitian Mitigasi Bencana (PPMB) Institut Teknologi Bandung, Irwan Meilano, mengungkapkan, dilihat dari pusat gempa yang berada pada 24 kilometer Barat Laut Kota Subulussalam, dengan kedalaman 103 kilometer, diperkirakan gempa dekat dengan pantai.

Posisi tersebut dekat dengan pertemuan lempeng Indo-Australia yang berada di barat Sumatera dengan Pulau Sumatera. Pertemuan tersebut menyebabkan terjadinya mekanisme naik pada daratan sehingga terjadi gempa.

"Gempa seperti ini jarang terjadi," kata dia. Gempa dengan mekanisme naik tersebut pernah terjadi dengan getaran yang relatif besar pada September 2009 lalu di Padang, yang mencapai 7,6 SR. Namun, gempa yang berpusat di barat laut Kota Subulussalam, Sabtu siang tadi, tak sebesar gempa di Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com