Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penulis Buku Soal Lumpur Lapindo Diduga Hilang

Kompas.com - 22/06/2012, 16:22 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Ali Azhar Akbar, penulis buku Konspirasi di Balik Lumpur Lapindo, diduga menghilang. Kontak terakhir yang pernah dia lakukan terjadi tiga hari lalu.

Sedianya, Ali datang sebagai pembicara dalam acara bedah buku tersebut di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Jumat (22/6/2012). Namun, saat para pembicara diskusi naik ke atas panggung, Ali tidak nampak.

Direktur Indopetro Publishing yang menerbitkan buku itu, Kusairi, akhirnya angkat bicara. "Kami tidak bisa menghubungi Ali Azhar sejak tiga hari yang lalu. Mohon maaf dia tidak bisa datang," kata Kusairi.

Dia pun bercerita bahwa pertemuan terakhir kali dengan Ali Azhar adalah pada Jumat pekan lalu di Mahkamah Konstitusi. Saat itu mereka tengah mengajukan permohonan judicial review atas pasal 18 UU APBNP mengenai lumpur Lapindo. Ali Azhar mengatakan, bahwa dia sudah berada di Bandung pada hari Selasa (19/6/2012).

Pada hari Selasa, Kusairi mengirim pesan singkat (SMS) meminta kepastian pada Ali mengenai acara diskusi tapi tidak ada balasan. Keesokan harinya, dia kembali mengirim pesan singkat tapi hasilnya juga sama. Begitu ditelepon ternyata telepon selulernya tidak aktif.

Kusairi pun mulai menyadari ada yang tidak beres. Sewaktu bertanya kepada keluarganya maupun temannya, jawabannya juga tidak tahu.

Kejadian ini membuat Kusairi mengkhawatirkan keselamatan penulis buku mengenai Lumpur Lapindo. Dia pun mengungkapkan bahwa sepanjang penyusunan hingga peluncuran buku, penulis kerap diteror.

Dua bedah buku yang dilakukan di Jakarta maupun Yogyakarta berjalan dengan lancar dan Ali Azhar bisa hadir. Menurut rencana, diskusi berikutnya digelar di Surabaya atau Medan.

Namun demikian, menurut Kusairi, belum ada yang melaporkan ke polisi perihal hilangnya Ali Azhar. Pihaknya masih menunggu perkembangan terakhir sebelum memutuskan untuk melapor pada polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com