Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekatkan Seni kepada Masyarakat

Kompas.com - 20/06/2012, 23:44 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Festival Kesenian Yogyakarta ke-24 dibuka Rabu (20/6/2012) ini di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Yogyakarta.

Festival Kesenian Yogyakarta yang bertajuk "Seni untuk Rakyat" ini secara khusus menggunakan ruang-ruang publik masyarakat, dengan harapan terjadi interaksi dengan masyarakat yang lebih dekat.

Ketua Umum Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-24, Timbul Rahardjo, mengatakan, sebanyak 25 komunitas seni menggunakan ruang-ruang yang tak biasa digunakan sebagai ruang pamer, untuk mengekspresikan hasil karya mereka, seperti pos ronda, ruang heritage, jalanan, sekolah dasar, kampung, tranportasi publik, hingga pusat perbelanjaan.  

"Yang menarik adalah, kelompok seniman-seniman muda ini mencoba bekerja sama dengan masyarakat melalui cara-cara mereka," ucap Timbul.

Beberapa tempat yang dipakai untuk menggelar pameran FKY ke-24 tahun ini, antara lain Bank Indonesia, Kampung Sewon, Bantul, Studio Mulyakarya Minggiran, titik nol kilometer Yogyakarta, situs Kandang Menjangan, Krapyak, Pojok Beteng kulon, serta Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai pusat kegiatan FKY.    

Perhelatan FKY ke-24 dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam pembukaan, Sultan mengajak masyarakat Yogyakarta untuk mengevaluasi sejauh mana prestasi seni FKY selama 24 tahun terakhir.

"Selama ini, para seniman telah menorehkan kesan kuat bahwa Yogyakarta adalah kota budaya yang istimewa. Patung-patung tampak berdialog dengan masyarakat, dan para pendatang tampak berfoto di antara patung tersebut," kata Sultan.

Berlangsung meriah

Pembukaan FKY ke-24 berpusat di titik nol kilometer Yogyakarta. Tampil dalam acara pembukaan, kelompok Novel Orkestra, rampak kendang Tepak Nusantara, serta tarian "Warna-warni Jogjaku".

Setelah seremoni pembukaan, sebanyak 24 peserta menggelar pawai seni mulai dari gedung DPRD Provinsi DI Yogyakarta menuju alun-alun utara Yogyakarta.

Beberapa peserta pawai, yaitu satwa Kebun Binatang Gembira Loka, prajurit Keraton, prajurit Pakualaman, marching band Akademi Angkatan Udara, dan berbagai kelompok seni dari seluruh Yogyakarta.

Pada malam hari, mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB di Monumen Serangan Umum 1 Maret, berlangsung Gelar Seni Rakyat bertema "Warna-warni Prestasi Jogja".

Tampil dalam acara ini beberapa perwakilan mahasiswa dari Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Lampung, Casper Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Slamet Man,  WYBE son of nature, artis Ahmad Dhani School of Rock, dan penampilan Ahmad Dhani.

Perhelatan FKY ke-24 ini berlangsung mulai Rabu ini hingga Kamis (5/7/2012) menatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com