Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Menyayangi Hewan Langka di Penangkaran Penyu

Kompas.com - 14/06/2012, 14:30 WIB
Siwi Yunita Cahyaningrum

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com- Ada banyak cara untuk mengajak anak-anak mengenali lingkungannya. Salah satunya dengan mengunjungi pusat penangkaran penyu.

Di Banyuwangi, penangkaran penyu salah satunya bisa ditemukan di Desa Ketapang. Penangkaran penyu itu milik Yayasan Banyuwangi Sea Turtle di desa Ketapang.

Menjelang musim liburan ini, penangkaran itu menjadi tempat wisata bagi anak-anak. Kamis (14/6/2012) pagi tadi, misalnya, sekitar 30 siswa taman kanak-kanak dari PAUD Khotijah 146 Kecamatan Srono, datang untuk melihat penangkaran penyu.

Mahmudah (36), salah satu guru, mengatakan, ia mengajak anak-anak ke penangkaran agar mereka mengenal penyu lebih dekat. "Di sini anak-anak mengenali penyu, cara memperlakukannya dan menyayanginya," kata Mahmudah.

Ketua Yayasan Banyuwangi Turtle Sea Fondation Wiyanto Haditanojo menyatakan, pihaknya memang mendekati anak-anak agar mereka lebih mengenal penyu lebih dekat dan menyayangi hewan-hewan itu.

"Keberadaan penyu sekarang sangat langka. Telur-telur penyu dijual bebas. Kalau anak-anak dari kecil sudah dikenalkan mereka pun akan memperlakukan penyu dengan beda. Tentunya lebih menyayangi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com