Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluasan Ngurah Rai Rampung Tahun 2013

Kompas.com - 12/06/2012, 05:00 WIB

Denpasar, Kompas - Pengembangan Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, dipastikan bakal rampung tahun depan. Dengan demikian, Bali benar-benar siap menjadi tuan rumah pertemuan APEC tahun 2013.

”Terminal akan bisa dioperasikan pada Mei 2013,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo, Senin (11/6), di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Hal itu diungkapkan Tommy Soetomo ketika menjelaskan perkembangan proyek pengembangan Bandara Internasional Ngurah Rai kepada Wakil Presiden Boediono.

Pengembangan juga dilakukan pada beberapa sarana pendukung lainnya, seperti gedung penanganan bagasi yang dibuat lebih modern dan besar. Selain itu, juga pengembangan meliputi perluasan parkir dan gedung katering.

Menelan biaya hingga sekitar Rp 2,5 triliun, pengembangan Bandara Ngurah Rai tersebut terutama dilakukan pada terminal internasional.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan, persoalan bandara merupakan salah satu persoalan utama yang dikeluhkan oleh turis. Persoalan utama lainnya adalah sampah dan kemacetan.

Sementara itu, dari Jakarta dilaporkan, Ketua Forum Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia Djoko Setijowarno mengatakan, tanpa upaya pengembangan jaringan dan perbaikan pelayanan, keberadaan kereta komuter bandara dikhawatirkan mubazir sebab masyarakat pengguna penerbangan diduga tidak akan berminat menggunakan kereta api.

(RYO/ATO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com