Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Regional

Jalur Pantura

Penyempitan Picu Kemacetan di Pantura Subang

Senin, 11 Juni 2012 | 11:56 WIB

SUBANG, KOMPAS.com — Arus kendaraan di jalur utama pantai utara Subang, Jawa Barat, tersendat akibat penyempitan ruas jalan, Senin (11/6/2012). Sebagian lajur di sejumlah titik di jalur itu ditutup sementara karena sedang diperbaiki.

Pada Senin siang, penumpukan kendaraan terlihat di jalur menuju Jakarta, lebih dari 200 meter menjelang Jembatan Ciasem. Bahu jalan di sekitar jembatan itu tengah dikeraskan dan ditutup separuh sehingga ruas menyempit. 

Beberapa bus umum dan kendaraan pribadi nekat menyerobot jalur berlawanan untuk menghindari penumpukan. Kondisi itu juga dimanfaatkan pedagang asongan untuk menjajakan dagangannya.

Penumpukan juga terlihat di sekitar Pasar Ciasem dan jalan layang Pamanukan. Di Pamanukan, lalu lintas tersendat karena ada aktivitas warga yang tengah merayakan ulang tahun kecamatan itu. Adapun di Ciasem ada aktivitas pasar dan perbaikan jalan berupa penambalan.

Dalam beberapa pekan terakhir, kemacetan kerap terjadi di ruas itu, khususnya di ruas Ciasem-Pamanukan. Kemacetan terjadi saat volume kendaraan meningkat, seperti terjadi pada Jumat-Sabtu pekan lalu.


Penulis: Mukhamad Kurniawan
Editor : Marcus Suprihadi