Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Presiden Resmikan MTQ di Ambon

Kompas.com - 08/06/2012, 09:07 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (8/6/2012) malam, akan meresmikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIV di Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Sesuai jadwal, Kepala Negara akan tiba di Ambon menggunakan pesawat kepresidenan sekitar pukul 13.00 WIT di Bandara Pattimura. Sebelum menuju pusat Kota Ambon, Presiden lebih dahulu akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Bandara, Laha. Dari bandara, Presiden langsung meresmikan Patung Pahlawan Nasional Dr Leiwena, yang berada di kawasan Kampus Universitas Pattimura, Poka.

Malamnya, Presiden akan membuka pelaksanaan MTQ. Selain dibuka dan dihadiri oleh Presiden, dipastikan sejumlah pemimpin lembaga negara juga ikut hadir, di antaranya Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, serta sejumlah menteri, gubernur, bupati, dan undangan kehormatan duta besar negara-negara sahabat.

Dalam acara pembukaan MTQ, ratusan siswa-siswi yang ada di Kota Ambon akan menampilkan tarian kolosal yang menceritakan suasana gotong royong dan kebersamaan dalam membangun rumah ibadah, seperti yang selama ini diwariskan para leluhur. Sebanyak 3.330 personel aparat gabungan dari TNI dan Polri telah disiapkan untuk mengamankan kunjungan Presiden dan tamu undangan. Mereka akan dikerahkan di sejumlah titik di Kota Ambon.

Untuk mensterilkan kawasan Lapangan Merdeka, dipastikan sejumlah jalan, seperti Jalan AY Patty, Jalan Sultan Khairun, dan Jalan Pattimura, akan ditutup. Bahkan, di kawasan Lapangan Merdeka akan ditempatkan sejumlah kendaraan lapis baja. Selain itu, seluruh tamu dan undangan yang hendak masuk ke dalam kawasan Lapangan Merdeka akan diperiksa secara ketat menggunakan metal detector untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat pembukaan MTQ berlangsung.

Selanjutnya, Presiden akan bermalam di kediaman Gubernur Maluku di kawasan Mangga Dua, Ambon. Keesokan harinya, Presiden dan rombongan akan bertolak ke Jakarta menggunakan pesawat kepresidenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com