Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Ambon Antusias Sambut Pawai MTQ

Kompas.com - 07/06/2012, 15:54 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sekitar 100.000 warga tumpah ruah di jalan jalan utama Kota Ambon, yang dilalui oleh pawai 33 kontingen Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an XXIV tingkat Nasioanl di Kota Ambon, Kamis (7/6/2012). Warga memadati sejumlah ruas jalan mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tulukabessy, Jalan AY Patty, Jalan AM Sangadji dan sejumlah jalan lainnya.

Warga kota dari berbagai latar belakang suku, agama dan golongan berbaur menjadi satu dalam suasana kegembiraan, saat satu per satu kontingen pawai ta’aruf melewati kerumunan warga. Meski Kota Ambon diguyur hujan, namun semangat warga untuk melihat pawai tersebut dari dekat tidak dapat dibendung, Polisi bahkan kesulitan untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas di sejumlah jalan di Kota Ambon.

Antusias warga untuk menyaksikan pawai ini, bukan hanya ditunjukan warga Muslim yang ada di Kota Ambon, ribuan warga non muslim juga larut dalam sukacita menyambut kontingen pawai ta’aruf. Mereka terlihat berdesak–desakan untuk melihat kontingen pawai ta’aruf. Uniknya, sambutan warga Kota Ambon begitu luar biasa. Mereka bahkan melambaikan tangan, dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah.

Demi memperlancar arus lalulintas, polisi terpaksa menutup sejumlah ruas jalan di Kota Ambon. Namun di sejumlah jalan lain terjadi kemacetan parah, bahkan hingga berita ini diturunkan masih terjadi kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com