Selasa, 22 Juli 2014

News / Regional

Perwira Kodam VII Wirabuana Tewas Saat Tes Olahraga

Selasa, 5 Juni 2012 | 00:04 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Kepala Perhubungan Kodam VII Wirabuana Kolonel Chb Mat Ali (48) meninggal dunia saat menjalani tes olahraga dalam ujian pertama Samapta A di lapangan Sultan Hasanuddin, Senin (4/6/2012).

Diduga kuat, mantan staf logistik Militer TNI Angkatan Darat ini mengalami gagal jantung.

Dalam latihan rutin uji kesegaran jasmani, Senin sekitar pukul 09.00 Wita di Lapangan Sultan Hasanuddin. Ali tiba-tiba terjatuh dan tak sadarkan diri saat tengah berlari dalam uji pertama yang disebut Samapta A.

"Dia tiba-tiba saja terjatuh pada saat latihan pertama, yakni lari selama 12 menit," kata Kepala Seksi Penerangan Umum Kodam VII Wirabuana, Mayor Sahabuddin.

Mat Ali memulai uji tahap awal yakni berlari sekitar pukul 08.25 Wita. Perwira ini menggunakan nomor dada 08. Saat terjatuh, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelamonia. Sayangnya, nyawanya tak bisa tertolong meski sempat menerima perawatan medis sebelumnya.

Mantan Staf Logistik Militer TNI Angkatan Darat itu diduga mengalami gagal jantung. Kini, jenazahnya sudah diterbangkan ke kampung halamannya di Lampung. Jenazahnya diterbangkan dengan menggunakan pesawat komersial Lion Air siang tadi.

"Tes kesegaran jasmani ini sudah rutin dilakukan Kodam VII Wirabuana. Kalau ada penyakit, sudah dari dulu pasti ketahuan," kata Sahabuddin.

Uji kesegaran jasmani terbagi atas dua bagian, yakni Samapta A berupa lari selama 12 menit dan Samapta B berupa aneka uji ketangkasan, seperti pull-up, sit-up, dan push-up.

Tes ini diikuti oleh seluruh personel angkatan darat, termasuk Panglima Kodam VII Wirabuana Mayor Jenderal Muh Nizam. Setiap regu dalam tes berjumlah sekitar 20 orang.


Penulis: Hendra Cipto
Editor : Tri Wahono