Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi Cincin Api di Flores Berujung di Labuan Bajo

Kompas.com - 04/06/2012, 21:23 WIB
Ilham Khoiri

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Ekspedisi Cincin Api Kompas di Pulau Flores selama dua pekan akhirnya berujung di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pada malam terakhir, Senin (4/6/2012), Tim Ekspedisi itu berbincang dengan Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dullah.

Selama dua pekan ini, Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas menelusuri jejak peradaban terkait dengan gunung berapi dan tsunami. Dimulai dari Kabupaten Sikka, tim menjejaki Gunung Egon yang pernah mengeluarkan debu tahun 2008 dan tsunami yang meluluhlantakkan Pulau Babi tahun 1992. Ada juga Pulau Palue yang merupakan pulau gunung berapi Gunung Rokatenda.

Beranjak ke Ende, tim mengunjungi Kampung Ndori di pelosok Ende yang memiliki budaya unik, termasuk legenda soal tsunami. Ke Kabupaten Ngada, tim terpikat budaya lokal kuno masyarakat di Soa. Menarik juga kopi arabika di Bajawa.

Di Manggarai, tim mengamati Gunung Anak Ranakah yang pernah meletus tahun 1987. Ini termasuk gunung api termuda di Indonesia. Kunjungan terakhir adalah Pulau Rinca, di Manggarai Barat, salah satu pulau yang menjadi habitat komodo, reptil raksasa yang berasal dari masa purba, sekitar 60 juta tahun lalu.

Semua rentetan liputan itu menggambarkan betapa Flores merupakan kawasan yang dianugerahi kekayaan alam, budaya, sekaligus ancaman bencana gunung meletus, gempa, dan tsunami. Semua itu perlu dikelola dengan tepat sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih berkualitas, sejahtera, dan sebisa mungkin menghindari bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com