Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Akibat Longsor Ambon Rp 1 Miliar

Kompas.com - 31/05/2012, 17:46 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Kerugian yang timbul akibat bencana longsor di Ambon, Maluku, ditaksir lebih dari Rp 1 miliar. Longsor di 57 titik di Ambon, antara tanggal 26 Mei sampai 31 Mei 2012, telah menyebabkan 105 rumah rusak, dan 25 titik longsor lain yang menyebabkan infrastruktur rusak berat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Kamis (31/5/2012), sebanyak 105 rumah yang rusak itu terdiri dari enam rumah rusak total, 26 rumah rusak berat, dan 73 rumah rusak ringan.

Rumah-rumah tersebut berada di 57 titik pada empat kecamatan di Ambon, yaitu Sirimau, Baguala, Nusaniwe, dan Leitimur Selatan. Titik-titik itu di antaranya Kuda Mati, Urimessing, Mangga Dua, Batu Merah, Halong, dan Hutumuri.

"Jumlah rumah rusak ini kemungkinan bertambah karena pendataan belum selesai. Setiap hari selalu ada laporan baru dari kelurahan atau kecamatan soal adanya rumah yang rusak karena longsor," kata Kepala BPBD Kota Ambon Tjokro Broery.

Tjokro memperkirakan kerugian yang diderita akibat longsor yang telah merusakkan 105 rumah tersebut, mencapai Rp 1 miliar. Angka ini bisa lebih besar karena selain pendataan rumah yang rusak akibat longsor belum tuntas, juga karena longsor telah merusak infrastruktur jalan dan tanggul. Sedikitnya 25 titik infrastruktur yang rusak, dan kerugiannya ditaksir bisa mencapai Rp 40 miliar.

"Bantuan akan diberikan pemerintah bagi warga yang rumahnya rusak. Namun pemberian bantuan ini masih dibahas, baik besarannya ataupun bentuknya. Bantuan bisa berupa material bangunan atau uang untuk korban, bisa juga pemerintah yang membangunkan rumah baru," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com