Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Damai Jelang MTQ di Ambon

Kompas.com - 31/05/2012, 12:30 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Puluhan orang dari enam oranisasi kemasyarakaan dan LSM di Kota Ambon, yakni LAKIP RI, AMSB, LIRA Maluku, JAMAK, LKPM, dan LSM Payung Bangsa Kamis (31/5/2012) sekitar pukul 10.00 wit mengelar kampanye damai, menongsong pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIV tingkat Nasional di Kota Ambon.

Massa memulai aksinya dari depan kawasan Masjid Raya Alfatah, dan dilanjutkan dengan longmarch ke sejumlah jalan utama di Kota Ambon, seperti Jalan AY Patty, Jalan Slamet Riyadi, Jalan DI Panjaitan, Jalan Pattimura depan Kawasan Gereja Maranatha Ambon, dan Jalan Diponegoro serta sejumlah Jalan lainnya di Kota Ambon.

Dalam aksi tersebut, massa menyerukan kepada warga Kota Ambon agar turut menyukseskan pelaksanaan MTQ dengan tetap saling menghargai dan saling menjaga toleransi antarumat beragama. Mereka juga mengungkapkan, suksesnya MTQ sangat tergantung dari kesadaran umat beragama di Kota Ambon.

“Mari kita tunjukan kepada bangsa Indonesia khususnya para kafilah yang akan datang di Kota Ambon kalau orang Maluku sangat ramah dan mencintai perbedaan,” seru Darmadi, salah satu koordinator aksi kampanye damai itu

Dalam aksinya mereka juga mengajak masyarakat Kota Ambon untuk dapat menyambut MTQ dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Mereka bahkan mengungkapkan, kesuksesan pelaksanaan MTQ di Kota Ambon akan mengembalikan citra Kota ini sebagai Kota yang cinta damai dan toleran. “MTQ merupakan kebanggaan bagi semua umat beragama di Maluku, mari kita jaga dengan baik, mari kita tunjukan kalau orang Maluku sangat mencintai kedamaian,” kata Moses, salah satu orator lainnya.

Dalam aksinya, mereka juga membagikan selebaran berupa seruan kepada warga untuk menyukseskan MTQ di Kota Ambon. Meski aksi ini dilakukan secara damai, namun puluhan aparat kepolisian tetap menjaga jalannya aksi tersebut. Aksi yang dilakukan ini sempat menyita perhatian warga dan pejalan kaki, akibatnya disejumlah jalan sempat terjadi kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com