Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PU Hadiri Penutupan Mandat JRF

Kompas.com - 30/05/2012, 22:40 WIB
Defri Werdiono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menghadiri acara malam resepsi dan apresiasi penutupan mandat Java Reconstruction Fund (JRF), setelah enam tahun lembaga yang terdiri dari tujuh donor tersebut membantu rekonstruksi pascabencana gempa bumi di DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Ciamis (Jawa Barat) tahun 2006.

Acara penutupan mandat dilakukan di halaman Candi Prambanan, Rabu (30/5/2012) malam. Hadir dalam kegiatan ini antara lain Country Director Bank Dunia Stefan G Koeberle, Kepala Delegasi Uni Eropa Erik Habers, Deputy Bidang Regional dan Otonomi Daerah Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Max H Pohan, dan Wakil Gubernur DIY Sri Pakualam IX.

Dalam sambutannya, Djoko mengatakan bahwa membangun kembali pascabencana tidak mudah, butuh kecermatan dan dana besar. "Beruntung ada sahabat dari JRF yang telah menghibahkan 94 juta dollar AS," kata Djoko.

Rekonstruksi dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, yakni menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama.

Sementara itu Stefan mengatakan masyarakat korban bencana telah bangkit, bahkan ada yang kini kondisinya lebih baik dari sebelum gempa. Ada ketangguhan di masyarakat sehingga mereka bisa kembali bangkit. "Keberhasilan bukan saja karena masyarakat, tapi solidnya kemitraan antarsemua pihak. Kami memberi apresiasi pada semua komunitas yang telah mengubah bencana jadi kesuksesan," tuturnya.

Erik berharap ke depan semua pihak bisa mentransfer pengetahuan cara bangkit dari bencana ke tempat lain guna mengantisipasi bencana serupa. Pihaknya berharapkan agar pengetahuan ini bisa dipergunakan oleh pemerintah pusat dan daerah dalam menghadapi bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com