Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jateng

Kompas.com - 29/05/2012, 11:39 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com — Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Cilacap, Jawa Tengah, merilis peringatan dini ancaman gelombang tinggi di perairan selatan Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Perkiraan gelombang tinggi mencapai 4 meter mulai Selasa (29/5/2012) ini.

Analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo, mengatakan, gelombang tinggi akan terjadi mulai Selasa ini hingga setidaknya 3-4 hari ke depan. "Kami telah mengeluarkan peringatan dini dan mengirimkan pesan ke pihak Administrator Pelabuhan Cilacap supaya diteruskan kepada seluruh pengguna jasa kelautan, terutama nelayan dengan kapal kecil," ujarnya.

BMKG memperkirakan, gelombang setinggi hingga 4 meter akan terjadi di perairan samudra dari selatan Cilacap hingga selatan Yogyakarta. Gelombang tinggi tersebut dipicu peningkatan kecepatan angin yang bertiup di atas wilayah perairan selatan Jawa yang bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan  5-25 knot.

Kondisi ini dipengaruhi iklim mikro perairan selatan Jateng-DIY yang masih dalam masa transisi dari musim angin barat ke angin timur. Menurut teguh, gelombang tinggi juga terjadi hingga wilayah perairan pantai mencapai maksimum mencapai 3,5 meter.

"Untuk itu, para wisatawan di pantai juga harus waspada. Sebaiknya tidak berenang di pantai," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com