Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Soputan Meningkat ke Siaga

Kompas.com - 28/05/2012, 21:20 WIB
Cornelius Helmy Herlambang

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meningkatkan status Gunung Soputan (1.784 mdpl) di Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dari Waspada ke Siaga mulai Senin (28/5/2012) pukul 15.00 WITA.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) Surono menjelaskan, perubahan status ini dilatarbelakangi peningkatan aktivitas Soputan. Pada 24 Mei 2012 tercatat kurang dari lima kejadian gempa bumi vulkanik dalam, 11-30 gempa bumi embusan asap, dan kurang dari 20 kali gempa guguran kubah lava. Tidak terekam kejadian tremor vulkanik harmonik.

Aktivitasnya mengalami peningkatan sehari kemudian. Tercatat kenaikan jumlah dan energi gempa bumi vulkanik dalam lebih dari sepuluh kejadian gempa bumi vulkanik dalam.

"Pada 26 Mei 2012 terekam 55 kejadian gempa bumi vulkanik dalam, yang kemudian diikuti tremor vulkanik harmonik. Tercatat pula peningkatan gempa bumi guguran kubah lava sebanyak 30-90 kejadian," kata Surono.

Dengan peningkatan status ini, Surono berharap masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 6 kilometer dari puncak Gunung Soputan. Namun, warga yang bermukim dalam radius 6,5 kilometer, menurut dia, tidak perlu mengungsi. "Pendakian juga sementara dihentikan. Tidak boleh ada aktivitas di perkemahan yang berada di Gunung Soputan," katanya.

Selain itu, Surono juga berharap warga mewaspadai guguran kubah lava di sungai-sungai yang berhulu di puncak. Sungai itu adalah Ranowangko, Pentu, Lawian, dan Popang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com