Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Siswa di Kutai Timur Tidak Lulus Ujian Nasional

Kompas.com - 27/05/2012, 07:21 WIB

SANGATTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur menyatakan, sebanyak 14 siswa dari 2.434 siswa SMA dan sederajat di daerah itu tidak lulus Ujian Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur Imam Hidayat di Kutai Timur, Sabtu (26/5) mengatakan, dengan kata lain persentase jumlah siswa tingkat SMA dan sederajat yang lulus UN mencapai 99,28 persen.

Ia mengatakan, peserta UN di Kutai Timur sebanyak 2.434 siswa SMA dan SMK/MA, terdiri dari 1.232 siswa SMA, 1.158 siswa SMK serta 44 siswa Madrasah Aliyah (MA).

"Peserta Ujian Nasional khususnya Madrasah Aliah pada 2012 benar-benar jeblok, karena dari 44 siswa yang mengikuti UN terdapat 12 siswa tidak lulus atau hanya lulus 32 siswa," kata Imam Hidayat.

Menurut Imam Hidayat, dari jumlah 14 siswa MA yang tidak lulus, itu masing-masing 12 berasal dari Madrasah Aliah Nurussadah Sangkulirang, kemudian 1 siswa MA Sangatta Utara, serta 1 siswa SMAN1 Teluk Pandan.

Dikatakan Imam Hidayat, meski demikian secara umum hasilnya menggembirakan karena mengalami kenaikan 3,6 persen atau sebesar 99,28 persen dan khusus untuk jurusan IPA lulus 100 persen.

Sejumlah kepala sekolah dan guru yang dikonfirmasi menjelaskan sangat bahagia dan gembira karena tahun ini lulus seratus persen.

Kepala Sekolah SMAN1 Sangata Selatan Hasbi mengatakan kebanggaannya, karena tahun ini kembali sukses meluluskan 100 persen siswanya.

"Menurut Hasbi, SMA Negeri 1 Sangatta Selatan sejak berdiri 2007 sudah melakukan ujian nasional tiga tahun berturut-turut dan selalu lulus seratus persen. Ini kebanggaan bagi para guru, siswa maupun orang tua siswa, karena meskipun kami masih menumpang gedung, namun prestasi tidak kalah dengan sekolah lainnya," katanya melalui telepon genggamnya.

Hal sama juga dikatakan Kepala SMA Negeri Rantau Pulung, Yahman dan Rubito salah satu guru SMAN 1 Sangatta Utara, bahwa pihaknya bangga hasil hasil Ujian Nasional 2012, siswanya lulus seratus persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com