Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukono Kembali Semburkan Material Debu

Kompas.com - 26/05/2012, 17:28 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Gunung Api Dukono di Halmahera Utara, Maluku Utara, kembali menyemburkan material vulkanik berupa debu, Sabtu (26/5/2012). Semburan debu itu mengarah ke timur, mengikuti arah angin, tepatnya ke wilayah Tobelo dan Tobelo Selatan.

Petugas Badan Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi Gunung Dukono, Iwan, mengatakan hingga saat ini aktivitas gunung Dukono masih tetap terpantau. "Hingga saat ini gempa tremor masih terus terjadi dengan amplitude hingga 36 milimeter," jelas Iwan.

Getaran gempa itu bisa terasa hingga radius 10 kilometer. Gemuruh letusan pun bisa terdengar pada radius yang sama. Sabtu pagi, tepatnya pukul 06.00 WIT, kata Iwan, terjadi sejumlah letusan. "Letusan pagi tadi ketinggian asapnya hingga 2.000 meter lebih. Letusan itu menyemburkan material vulkanik berupa debu bahkan batu.

Daerah Tobelo dan Tobelo Selatan menjadi sasaran hujan debu karena angin bertiup ke arah sana. "Sasaran debunya masih tetap di bagia timur laut, tepatnya di kawasan Tobelo," tambah Iwan.

Hingga saat ini, status Gunung Dukono masih waspada level dua. Gunung Dukono pernah meletus pada 2009. Namun saat itu, semburan material debu tidak separah yang terjadi saat ini..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com