Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Periksa Penjaga Makam Sultan Hasanuddin

Kompas.com - 25/05/2012, 17:21 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Gowa terus melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi terkait perusakan makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin. Bahkan, polisi menintensifkan pemeriksaan terhadap penanggung jawab dan penjaga makam Raja Gowa XVII ini.

Hingga saat ini, penyidik telah memeriksa 8 orang saksi dalam kasus perusakan makam Sultan Hasanuddin. Rata-rata saksi yang diperiksa yakni penjaga makam, satpam, warga sekitar makam yang terletak di Jl Pallantikan, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Sampai sejauh ini, kami masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Sudah 8 saksi yang kita periksa dan pemeriksaan lebih diintensifkan kepada penjaga makam. Kalau mengarah pada motif dan pelakunya, sampai saat ini kita belum tahu," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Gowa, AKP Anwar Lamahesa kepada Kompas.com, Jumat (25/5/2012).

Makam pahlawan nasional Sultan Hasanuddin dirusak orang tak dikenal, Kamis (24/5/2012) dini hari. Batu nisan dirobohkan hingga berserakan di tanah, patung ayam jago yang berada di atas makam dan permata imitasi di jari patung Sultan Hasanuddin serta potongan batu ukiran nama Sultan Hasanuddin hilang.

Perusakan ini terjadi lantaran makam Sultan Hasanuddin yang dijuluki Ayam Jantan Dari Timur tidak dijaga pada malam hari. Penjaga makam hanya bertugas pada siang hari, saat pengunjung banyak yang ingin berziarah. Demikian pula dengan penanggung jawab makam, Abdul Halik yang pertama kali melihat kejadian itu. Halik yang mulai bertugas sejak 2009 mengaku, dirinya beristirahat di rumahnya yang berjarak 500 meter dari makam pada malam harinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com