Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKI Disembunyikan di Bagasi

Kompas.com - 25/05/2012, 13:14 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com- Mafia penyelundupan tenaga kerja Indonesia ke Malaysia menggunakan berbagai moda untuk beraksi. Salah satunya adalah dengan menggunakan paspor TKI untuk menyelundupkan calon TKI lain yang wajahnya mirip.

Staf Lembaga Swadaya Masyarakat Anak Bangsa, Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Nawara, mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa kasus penyelundupan TKI dengan modus itu.

"Mafia menggunakan berbagai cara agar bisa membawa calon TKI masuk ke Malaysia. Pemalsuan identitas, sudah sangat biasa terjadi, dan bahkan ada beberapa TKI yang paspornya diambil untuk memasukkan calon TKI lain yang wajahnya mirip," kata Nawara, Jumat (25/5/2012).

Jika tidak ada dokumen yang bisa digunakan di Pos Pemeriksaan Lintas Batas Entikong, Kabupaten Sangau, mafia juga tak segan membawa TKI seperti layaknya barang, ditempatkan di bagasi.

"Beberapa TKI yang dipulangkan ke Indonesia melalui kami mengaku dibawa ke Malaysia dengan disembunyikan di bagasi. Bahkan, pernah ada TKI yang sampai bunuh diri karena ketakutan setelah melihat temannya diangkut dan disembunyikan di bagasi," ujar Nawara.

LSM Anak Bangsa adalalah lembaga yang menjadi rujukan pemulangan TKI bermasalah di Negara Bagian Sarawak dan Sabah, atau Negara Brunei Darussalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com