Jumat, 25 Juli 2014

News / Regional

Bendera Taiwan Diturunkan Panitia Borobudur Interhash 2012

Kamis, 24 Mei 2012 | 00:52 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Bendera negara Taiwan terpaksa diturunkan oleh panitia dari jajaran bendera negara peserta Borobudur Interhash 2012. Padahal, bendera sudah dipasang di sejumlah titik, baik di wilayah Kabupaten maupun Kota Magelang

Djanu Trepsilo, Kabag Humas Pemkab Magelang mengatakan, penurunan dilakukan karena nagara Taiwan tidak memiliki kedutaan besar (dubes) di Indonesia, melainkan hanya memiliki kantor Konsulat Jenderal (Konjen) saja. Pihaknya juga membantah jika penurunan tersebut dikarenakan ada protes dari peserta asal China.

"Itu sudah menjadi ketentuan protokoler kenegaraan, bukan karena diprotes," ujar Djanu, Rabu (23/5/2012).

Bendera tersebut sempat terpasang selama beberapa hari di lima titik, antara lain di depan Artos Mall Mertoyudan, Kecamatan Salam, Pertigaan Karet Mungkid, Blondo dan Muntilan. Namun kemudian diturunkan karena ada peringatan dari Setneg yang kemudian memberitahukan terkait aturan tersebut.

Pemasangan bendera peserta Borobudur Interhash 2012 dilakukan untuk menyambut kedatangan peserta. Di tiap titik, dipasang sedikitnya 250 bendera negara peserta. Perhelatan olahraga bertaraf Internasional itu akan digelar di Magelang pada 26 - 27 Mei 2012. Presiden Susilo Bambang Yudoyono rencananya akan membuka langsung event akbar itu.


Penulis: Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Editor : Hertanto Soebijoto