Senin, 21 April 2014

News / Regional

Kepala Desa Diduga Perkosa Empat Gadis

Rabu, 23 Mei 2012 | 23:50 WIB

Baca juga

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Kepala Desa Loeram, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, yang beriniasial IH, terancam dipecat dari jabatannya sebagai kepala desa lantaran diduga kuat telah memerkosa empat gadis di desanya.

"Di Desa Loeram terbukti bahwa kepala desanya diduga menghamili empat orang perempuan setelah mereka periksa kehamilan di posyandu. Keempat perempuan itu masing-masing menyebut nama IH sebagai ayah biologis bayi dalam kandungan mereka," kata Wakil Bupati TTU Aloysius Kobes, Rabu (23/5/2012).

Kobes menambahkan, sementara ini dia sudah menginstruksikan Camat Insana untuk melaporkan hasil dan bila nanti terbukti, maka akan segera diproses sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

"Saya sudah perintahkan kepada Camat kalau misalkan ada dua anak yang wajahnya mirip sang kepala desa, langsung kita pecat dia, tidak perlu lakukan tes DNA lagi karena bukti kuat, yakni pengakuan-pengakuan empat perempuan itu," ungkap Kobes.

Menurut dia, Badan Perwakilan Desa (BPD) diharapkan harus aktif mengusulkan kepada pemerintah daerah terkait proses pemecatan. Kepala desa yang telah terbukti melanggar sumpah dan larangan-larangan yang sudah disepakati bersama harus dihukum.

Selain Kepala Desa Loeram, menurut Kobes, masih ada lagi kepala desa lain di Kabupaten TTU yang diduga melakukan tindakan amoral. Namun, hal itu masih dalam proses penyelidikan karena belum terkuak.

Sementara itu, belum ada konfirmasi dari kepala desa yang dituding melakukan perbuatan amoral tersebut.


Penulis: Sigiranus Marutho Bere
Editor : Tri Wahono