Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemiskinan Jadi Tantangan Utama

Kompas.com - 21/05/2012, 21:08 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Di antara delapan Tujuan Pembangunan Milenium (MDG) yang menjadi komitmen negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, pemberantasan kemiskinan dan kelaparan ekstrem menjadi tantangan utama dalam pencapaiannya. Hingga kini, kemiskinan masih terus dihadapi kota/kabupaten di Indonesia, yang juga berkomitmen mencapai MDG.  

Hal ini terungkap dalam pertemuan Kerja Sama Pemerintah Kota Solo dan Kemitraan Integritas dalam Percepatan Pencapaian Target MDG di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/5/2012).  

 Program Officer Kemitraan Integritas Bagus Sarwono mengungkapkan, tingkat pencapaian MDG  Solo mencapai 50,08 persen. Sisanya, 22,92 persen akan tercapai, 16,17 persen belum tercapai, dan 8,33 persen belum teridentifikasi.  

Dari delapan target MDG, tujuan pertama adalah pemberantasan kemiskinan dan kelaparan ekstrem, sedangkan tujuan keenam memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lain. "Tujuan ketujuh memastikan kelestarian lingkungan harus menjadi perhatian karena angka capaiannya masih rendah," kata Bagus.  

Lembaga non-pemerintah Kemitraan Integritas menjadi mitra Pemkot Solo sejak November 2011 untuk percepatan pencapaian MDG. Menurut Bagus, setiap daerah memiliki kendala sendiri-sendiri dalam pencapaiannya. Namun, target pertama MDG, yakni pemberantasan kemiskinan, dihadapi hampir setiap kota/kabupaten dengan masalah khas masing-masing.  

Data Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Solo, jumlah warga miskin mencapai 133.000 jiwa dari total 530.000 penduduk. Jumlah ini lebih besar daripada data Badan Pusat Statistik Solo yang mencatat 85.000 warga miskin. Ini terjadi karena TKPKD memakai 25 parameter, sedangkan BPS hanya menggunakan 14 parameter.  

Angka garis kemiskinan di Solo juga tinggi karena adanya kesenjangan yang besar antara orang kaya dan miskin. Namun, langkah Pemkot Solo yang memberikan bantuan biaya kesehatan dan bantuan pendidikan dinilai sangat membantu warga miskin agar tidak semakin jatuh miskin.  

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Solo Joni Hari Sumantri mengatakan, perencanaan yang dibuat pihaknya berupaya memberi prioritas pada sektor yang menjadi target pencapaian MDG. Hal ini juga didukung dengan alokasi anggaran yang dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com