Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Camilan dan Kerajinan Berkembang

Kompas.com - 18/05/2012, 02:58 WIB

Surabaya, Kompas - Usaha mikro kecil-menengah yang bergerak di bidang industri makanan olahan hasil laut dan kerajinan kerang, di pesisir Pantai Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur, berkembang dua tahun belakangan ini. Selain jumlah pelaku usahanya terus bertambah, produk-produknya pun makin variatif.

Ketua Kelompok UMKM Sentra Hasil Laut di Kelurahan Sukolilo, Surabaya, Sutatik, mengatakan, setiap tahun jumlah pengajuan izin usaha baru bisa mencapai 10 orang. Lokasi penjualan yang semula terpusat di Kelurahan Sukolilo, kini telah melebar di kawasan wisata Pantai Kenjeran.

”Produk yang dihasilkan juga beragam. Ada keripik kulit ikan pari, kerupuk lambung ikan, teripang, lorjuk, keripik telur teripang, kerupuk kupang, dan terung laut,” ujarnya, Kamis (17/5), di Kenjeran.

Pada musim liburan seperti kemarin, transaksi pembelian cukup ramai. Banyak pengunjung Pantai Kenjeran yang mampir berbelanja aneka camilan hasil laut yang dijajakan tidak kurang dari 50 UMKM. Tidak hanya camilan yang siap makan, bahan mentah seperti kerupuk dan ikan asin serta terasi juga laris.

Sayangnya, perkembangan usaha industri makanan olahan hasil laut di Kenjeran ini tidak diikuti dengan peningkatan omzet dua tahun belakangan ini. Penyebabnya, persaingan usaha semakin ketat sehingga harga jual bersaing ketat.

”Dulu cari untung Rp 1 juta sehari mudah. Sekarang, untung Rp 100.000 sehari, kadang tidak dapat. Harga bahan baku juga melambung karena pasokan tidak rutin,” ujar Tila (37), pemilik Toko Melati. (NIK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com