Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Kristen Ambon Menantikan MTQ

Kompas.com - 17/05/2012, 22:39 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Umat Kristen di Ambon, Maluku, menantikan digelarnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional di Ambon, 8-19 Juni 2012.

Mereka pun siap berpartisipasi menyukseskan MTQ. Digelarnya MTQ akan menunjukkan bahwa tidak ada masalah dengan kerukunan antarumat beragama di Ambon.

"Antusiasme dan partisipasi umat Kristen ini merupakan bentuk dari hubungan basudara (bersaudara) di Maluku. Saat ada basudara yang berbeda agama membuat acara besar seperti MTQ, menjadi kewajiban kami membantunya," kata Pendeta Jacky Manuputty, salah satu tokoh agama di Ambon, Kamis (17/5/2012) ini.  

Adanya bentrokan antarwarga yang terjadi di sebagian kecil wilayah Ambon pada 15 Mei lalu, menurut Jacky, tidak akan menyurutkan antusiasme dan partisipasi umat Kristen.   

"Sejak awal umat Kristen di Maluku telah menyatakan kesiapannya mendukung MTQ dan ikut berpartisipasi. Hal itu akan tetap diwujudkan sampai MTQ berakhir," tambahnya.

Menurut Jacky, kerja sama antarumat beragama ini merupakan hal yang biasa terjadi, bahkan sebelum konflik sosial di Maluku tahun 1999 lalu.

"Saat sidang PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia) tahun 1984 yang dihadiri perwakilan gereja dari seluruh Indonesia, umat Islam di Ambon ikut membantu pelaksanaan sidang," katanya.

Salah satu partisipasi umat Kristen menjelang MTQ terlihat pada pemasangan lampion bergambar bulan bintang di desa-desa yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Salah satunya terlihat di kawasan Galala, Ambon. Lampion yang biasanya berbentuk salib dan dipasang menjelang Paskah dan Natal itu tergantung di pinggir jalan utama di Galala.  

Wakil Gubernur Maluku yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia MTQ, Said Assagaf, mengatakan, saat persiapan MTQ, umat Kristen menyatakan keinginannya untuk terlibat. Keinginan ini muncul sendiri, bukan atas dorongan pemerintah.

Panitia kemudian memenuhi permintaan itu. Keterlibatan umat Kristen akan terlihat sejak pembukaan MTQ yang rencananya dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tarian tradisional yang menjadi pembuka MTQ akan melibatkan umat Kristen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com