Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Lirik Kedungmundu untuk Perumahan

Kompas.com - 13/05/2012, 16:37 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Memenuhi peningkatan rumah kelas menengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, sejumlah pengembang melirik kawasan perbukitan di wilayah Kedungmundu, MAngunharjo dan Meteseh di Kecamatan Tembalang sebagai daerah pengembangan perumahan baru.

Wakil Ketua DPD Real Estate Indonesia Jawa Tengah, Djoko Santoso, Minggu (13/5/2012) mengemukakan, untuk kelayanan pembangunan rumah dibutuhkan lahan siap bangun mininal satu hektar.

Daerah yang masih potensi untuk membangun rumah kelas menengah banyak di Kecamatan Tembalang, bagian Utara. Lokasi area perbukitan tapi konturnya datar dan lembah menawarkan view bagus bagi lokasi perumahan baru.

Daerah Kedungmundu, Mangunharjo dan Meteseh pada 2004 sebenarnya didesain sebagai kota satelit di Semarang. Namun, daerah ini tertinggal setelah Pemkot mengalihkan kota satelitnya di Mijen dan Bukit Semarang Baru di kawasan Kedungpane dan sekitarnya.

Rumah-rumah baru berbagai tipe kini banyak dibangun di Tembalang, mulai harga Rp 130 juta hingga Rp 1,2 miliar. Harga ini melonjak seiring harga jual tanah juga naik paling murah Rp 500.000 per meter persegi,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com