Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinkes Bogor Dirikan Posko Kesehatan

Kompas.com - 12/05/2012, 21:49 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendirikan posko kesehatan bagi para relawan dan anggota tim SAR yang terlibat dalam evakuasi korban pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak.

Posko kesehatan itu didirikan di Posko Kendali Operasi Balai Embrio Ternak (BET) Kampung Pasirpogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk. "Posko kesehatan sudah didirikan sejak Jumat (11/5/2012). Kami  memberikan layanan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh tim SAR, relawan maupun wartawan," kata dokter jaga posko kesehatan yang juga Kepala UPT Puskesmas Megamendung, dr Lydia saat ditemui di Posko Kesehatan, Sabtu (12/5/2012).

Lydia menyebutkan, posko beroperasi selama 24 jam. Berdasarkan catatan kunjungan, hingga hari kedua posko dikunjungi sebanyak 94 pasien. Mereka yang datang memeriksakan kesehatan kebanyakan para anggota SAR dari unsur TNI maupun Polri. Beberapa orang lainnya dari unsur relawan dan wartawan. "Mereka mengeluh pilek, kembung, batuk, kecapean dan gatal-gatal," kata Lydia.

Menurut Lydia, kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi di lapangan dimana para personel harus bekerja ekstra, dan begadang dengan cuaca cukup dingin. "Ada beberapa yang mengeluhkan tensi tinggi, ada juga yang kena ambeien," katanya.

Secara umum, lanjut Lydia, posko melayani pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tensi dan pengobatan dasar. Posko kesehatan tersebut juga dilengkapi obat-obatan, diantaranya obat demam, antinyeri, antidemam, dan multivitamin. Posko dijaga secara bergantian oleh petugas jaga yakni tiga dokter, satu perawat dan satu bidan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com