Sabtu, 2 Agustus 2014

News / Regional

Perkebunan

PTPN XII Ambil Alih Perkebunan Swasta

Sabtu, 12 Mei 2012 | 20:22 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII yang berpusat di Jawa Timur akan mengambil alih perkebunan swasta seluas sekitar 2.200 hektar. Kebun yang diambil alih itu yakni Bandealit di Jember dan Sukamade di Banyuwangi. Kedua perkebunan itu terletak di Jawa Timur bagian selatan.

Direktur PTPN XII Singgih Irwan Basri saat mengunjungi perkebunan di Banyuwangi dan Bondowoso mengatakan pengambilalihan lahan tersebut merupakan upaya ekspansi PTPN XII. Selama ini lahan perkebunan di Jawa sulit diperluas karena keterbatasan lahan.

Perkebunan yang diambil alih tersebut milik PT Ledok Ombo (LDO). Saat ini, tanaman yang ada di perkebunan berupa kebun karet, kopi, dan kakao.

Sekretaris Perusahaan PTPN XII Heri Purwanto mengatakan, perkebunan yang baru itu akan ditanami komoditas sengon, selain karet yang kini masih eksis. Saat ini produksi karet di perkebunan yang masih dikelola swasta itu mencapai 200 ton per tahun.

Heri mengatakan, pembelian perkebunan swasta itu akan dilakukan tahun ini. "Harganya masih dalam taksiran, tapi setidaknya luasannya sekitar 2.200 hektar," ujarnya.


Penulis: Siwi Yunita Cahyaningrum
Editor : Nasru Alam Aziz