Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Puing Sukhoi di Ketinggian 1.600 Meter

Kompas.com - 11/05/2012, 12:42 WIB
M.Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, diduga berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut atau di tebing yang mengarah ke Puncak Manik di kawasan gunung tersebut.

Perkiraan lokasi pesawat Sukhoi itu disampaikan fotografer Wartakota, Adi Kelana, yang sejak Kamis (10/5/2012) sore bersama 10 fotografer lain didampingi anggota Basarnas menuju lokasi tempat musibah jatuhnya pesawat berpenumpang 46 orang itu. Adi terpaksa dirawat oleh tim PMI karena sesampainya di Posko 1 Cijeruk mengalami dehidrasi dan kaki kanannya patah setelah terjatuh saat turun. Bahkan, dalam pendakian itu dirinya hanya berbekal sedikit makanan dan tidak membawa tenda.

Adi mengatakan, kondisi pesawat dalam keadaan hancur di dalam jurang setelah menabrak dinding, yang terlihat utuh hanya di bagian ekor. Kondisi cuaca dan medan yang cukup ekstrem di Gunung Salak menghambat proses evakuasi korban jatuhnya pesawat terbang Sukhoi Superjet 100 tersebut.

Sementara itu, di Posko Embrio Peternakan Sapi Cipelang, kabut masih mengepung Gunung Salak sejak pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, sekitar pukul 07.00 WIB, langit di kawasan tersebut cukup cerah. Kondisi cuaca memang cepat berubah. Kendati demikian, sejumlah tim evakuasi dari berbagai elemen, baik Basarnas, TNI, Polri, maupun pencinta alam, sudah bersiap-siap bergerak menuju lokasi jatuhnya pesawat di tebing gunung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com