Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Kalbar Ingin Pastikan Aspirasi Pemekaran

Kompas.com - 09/05/2012, 12:27 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com- Komisi A DPRD Kalimantan Barat mengumpulkan bukti secara langsung di lapangan terkait aspirasi pemekaran Kabupaten Sekayam Raya dan Kabupaten Tayan dari Kabupaten Sanggau. Mereka ingin memastikan apakah aspirasi itu langsung berasal dari masyarakat atau tidak.

Ketua Komisi A DPRD Kalbar Retno Pramudya, Rabu (9/5/2012), mengatakan, seluruh anggota Komisi A selama tiga hari ini mengunjungi kecamatan-kecamatan yang diusulkan bergabung dalam daerah otonom baru Sekayam Raya dan Tayan.

"Semua anggota Komisi A bertemu dengan tokoh masyarakat, tim pemekaran, muspida dan muspika, serta berjumpa langsung dengan masyarakat untuk mengetahui sejauh mana aspirasi mereka," kata Retno.

Komisi A juga melihat kawasan yang akan menjadi pusat pemerintahan daerah otonom baru itu. Infrastruktur menjadi salah satu aspek yang akan diukur kelayakannya. Bahan-bahan yang diperoleh di lapangan ini akan dibahas di Komisi A lalu dibahas dalam rapat paripurna DPRD Kalbar.

Kedua calon wilayah pemekaran dari Kabupaten Sanggau itu sudah masuk rencana besar pemekaran daerah 2010-2015. Jika DPRD menyetujui usul pemekaran itu, draf usulan akan diserahkan oleh Gubernur Kalbar ke Menteri Dalam Negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com