Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakan Sensus Pertanian, Timor Leste Belajar dari Indonesia

Kompas.com - 07/05/2012, 14:09 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) akan membantu Timor Leste dalam hal pelatihan statistik karena negara tersebut akan melakukan sensus pertanian. Hal ini juga pernah dilakukan BPS pada tahun lalu. "Mereka juga akan belajar di kita karena mereka mau melakukan sensus pertanian untuk pertama kali," sebut Kepala BPS Suryamin sesuai memberikan konferensi pers, di Kantor BPS, Jakarta, Senin (7/5/2012).

Menurut dia, BPS juga pernah mengajari segala sesuatu terkait statistik kepada negara yang pernah menjadi bagian Indonesia tersebut pada tahun lalu. Pada tahun 2011, Timor Leste mengejar ilmu dari BPS untuk melakukan sensus kependudukan. Apalagi, kata Suryamin, lembaga statistik setempat sedang mencoba berdiri sendiri atau independen seperti halnya BPS.

Saat ini, lembaga statistik Timor Leste masih bernaung di bawah Kementerian Keuangan setempat. "Mereka mau membuat BPS karena sekarang hanya satu unit dibawah Kementerian Keuangan," sambung Suryamin.

Ia menyebutkan, kalau BPS sekarang ini berdiri sebagai lembaga pemerintah non kementerian. "Kita kan bertanggung jawab ke Presiden dan dikoordinasikan Kementerian Bappenas," pungkasnya.

Pada acara konferensi pers mengenai pertumbuhan ekonomi triwulan I 2012, rombongan Pemerintah Timor Leste yang dipimpin oleh Wakil Menteri Keuangan Rui Manuel Hanjam pun turut hadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com