Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rafflesia Arnoldii di Bengkulu Mekar Sempurna

Kompas.com - 04/05/2012, 23:44 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Satu bunga Rafflesia arnoldii mekar sempurna di kawasan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, sekitar 100 meter dari jalur lintas Bengkulu-Kepahiang.

"Kami temukan mulai mengembang kemarin (Kamis, 3/5/2012), dan hari ini mekar sempurna dengan diameter kurang lebih 80 sentimeter," kata Reiki, warga Taba Penanjung, yang menjaga bunga langka yang sedang mekar itu, Jumat (4/5/2012).

Ia mengatakan, bunga rafflesia mekar perlu mendapat penjagaan sebab rawan pencurian.

Selama 2012, kata Reiki, sudah empat bunga mekar ditemukan di Cagar Alam Taba Penanjung, dan selalu berhasil menarik perhatian pengguna jalan lintas Bengkulu-Kepahiang.

"Bunga yang mekar sekarang juga kami buatkan tanda di pinggir jalan, sehingga warga yang melintas bisa menikmati keunikannya," katanya.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Hutan Bengkulu, Sofian Ramadhan, mengatakan, dari catatan komunitas tersebut, selama 2012 terdapat 10 kuntum bunga rafflesia yang mekar di Bengkulu.

"Enam bunga mekar di dalam Hutan Lindung Bukit Daun, dan empat bunga di Cagar Alam Taba Penanjung," ujar Sofian.

Ia mengatakan, dua lokasi tersebut secara sukarela dijaga oleh kelompok masyarakat yang peduli terhadap kelestarian flora langka endemik Bengkulu itu.

Kelompok peduli puspa Tebat Monok di Kabupaten Kepahiang, yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah, dengan sukarela menjaga habitat rafflesia di Hutan Lindung Bukit Daun.

"Kondisi dua kawasan ini sangat rawan perambahan liar, sehingga mengancam kelestarian bunga rafflesia," katanya.

Peneliti rafflesia dari Universitas Bengkulu, Agus Susatya, mengatakan, Bengkulu memiliki empat jenis raflesia endemik yaitu jenis arnoldi, gadutensis, hasselti, dan bengkuluensis.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com