Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AGRA Hargai Sikap Bupati Mesuji soal Moro-Moro

Kompas.com - 04/05/2012, 20:09 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MESUJI, KOMPAS.com -- Aliansi Gerakan Reformasi Agraria (AGRA) menghargai sikap Bupati Mesuji Khamamik, yang menyatakan agar warga Moro-Moro di hutan Register 45 Mesuji jangan diusir.

"Pernyataan itu menunjukan bahwa Khamamik memahami dan menguasai permasalahan di Register 45. Politicial will bupati ini diharapkan akan menjadi jalan bagi penyelesaian konflik di Moro-Moro yang telah berlangsung selama belasan tahun," tutur Oki Hajiansyah Wahab, aktivis AGRA, Jumat (4/5/2012).

Oki berharap, kepemimpinan baru di Mesuji di bawah Khamamik bisa menjadi harapan bagi penyelesaian berbagai konflik agraria di Kabupaten Mesuji saat ini. Sebelumnya, pada Kamis (3/5/2012) di Bandar Lampung, Khamamik menyatakan bahwa persoalan agraria di Register 45 harus dibedah satu persatu. Tidak bisa disama-ratakan satu kasus dengan yang lainnya.

Dalam konteks itu, ia lalu menyatakan warga Moro-Moro jangan diusir. Sebab, ia melihat, masuknya warga Moro-Moro 15 tahun silam tidak terlepas kelalaian dan ketidaktegasan PT Silva Inhutani dalam mengelola Register 45 Mesuji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com