Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Lokon Tetap Siaga

Kompas.com - 04/05/2012, 17:44 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung masih menetapkan status Siaga Level III terhadap aktivitas Gunung Lokon di Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, meskipun kegempaan vulkanik terus meningkat.

"Belum ada peningkatan status walaupun masih terjadi peningkatan kegempaan setiap hari," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu PVMBG Bandung di Kakaskasen, Kota Tomohon, Farid Ruskanda Bina di Manado, Jumat (4/5/2012).

Dia menjelaskan, secara visual masih tampak asap putih dengan intensitas sedang dengan ketinggian diperkirakan 100 meter. Untuk aktivitas kegempaan selama 12 jam hari ini, kata dia, sejak pukul 00.00-06.00 Wita terekam 36 kali gempa vulkanik dalam, 161 kali gempa vulkanik dangkal, serta 37 kali gempa embusan.

Pada periode enam jam selanjutnya, kata dia, terekam 12 kali gempa vulkanik dalam, 36 kali gempa vulkanik dangkal, dan sembilan kali gempa embusan. "Peningkatan aktivitas kegempaan mulai terjadi sejak Rabu 2 Mei 2012 pada pukul 07.00 Wita," ungkapnya.

Sejak peningkatan kegempaan tersebut, kata dia, diperkirakan kegempaan yang terekam sudah mencapai 500.

"Radius bahaya belum ditingkatkan, masih 2,5 kilometer. Akan tetapi, kami berharap warga tetap bersiaga dan tidak melakukan aktivitas di radius bahaya yang telah ditetapkan," katanya.

Pasca-letusan 1 Mei 2012, aktivitas kegempaan gunung itu kembali meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com