Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Sepekan, Warga Babana Terisolasi Banjir

Kompas.com - 04/05/2012, 10:20 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com – Sejak sepekan terakhir, Warga Dusun Cilallang, Desa Babana, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, masih terisolasi akibat banjir yang merendam dusun tersebut.

Banjir yang diakibatkan jebolnya tanggul Sungai Saddang sepanjang seratus meter, merendam dusun hingga satu meter lebih. Tidak hanya merendam rumah warga, sejumlah fasilitas umum, seperti sekolah, Puskesmas pembantu, masjid pun ikut terendam.

Usman (40), warga Dusun Cilallang mengatakan, banjir terjadi sepekan yang lalu dan hingga saat ini belum terlihat tanda-tanda akan surut. Pasalnya, hujan di hulu sungai masih terjadi. Selain itu, jebolnya tanggul menyebabkan kondisi kian parah.

Namun hingga kini, Usman mengaku belum memeroleh bantuan. "Kebutuhan mendasar warga saat ini adalah air bersih dan makanan," kata Usman saat ditemui di lokasi banjir, Kamis sore (3/5/2012).

Warga pun belum mampu untuk meninggalkan rumah untuk mencari bahan makanan. Menurut Usman, warga khawatir ketinggian air dapat bertambah sewaktu-waktu, terlebih jika turun hujan di hulu sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com