Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Surabaya Serukan Pembentukan Serikat Pekerja

Kompas.com - 03/05/2012, 14:14 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan wartawan yang tergabung dalam Solidaritas Jurnalis Surabaya menggelar aksi damai di Museum Perjuangan Polri Jalan Kartini Surabaya memperingati Hari Pers Internasional, Kamis (3/5/2012).

Dalam aksinya, puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik itu menyerukan kepada seluruh wartawan agar segera membentuk serikat pekerja sebagai wadah formal agar posisi wartawan memiliki posisi tawar di mata hukum saat berinteraksi dengan pengusaha media.

Koordinator Aksi, Yovinus Guntur mengatakan, serikat pekerja juga berfungsi agar wartawan dapat memperoleh hak-hak normatifnya seperti asuransi, tunjangan, cuti haid dan hamil bagi wartawan perempuan. ''Serikat pekerja ini sangat penting, apalagi saat ini banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kontributor atau stringer di daerah,'' katanya.

Sistem tersebut hanya memberikan honor kepada wartawan berdasarkan berita yang didapat, tanpa memperoleh tunjangan lain. ''Serikat pekerja juga sebagai tameng wartawan dari perusahaan media yang saat ini banyak terindikasi melakukan pemberangusan serikat pekerja,'' tambahnya.

Selain itu, para wartawan juga mendesak negara untuk menghentikan praktik impunitas atau pembiaran segala bentuk kekerasan kepada wartawan, mengusut kasus pembunuhan kepada wartawan, dan menyerukan kepada semua wartawan agar tetap bersikap kritis dan terus berkarya berlandaskan Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com