Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Penyuluh Pertanian Pegang Tiga Desa

Kompas.com - 02/05/2012, 19:01 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com — Masih terbatasnya jumlah penyuluh pertanian di Sumatera Selatan membuat satu penyuluh pertanian memegang pendampingan tiga desa. Padahal satu penyuluh idealnya  memegang satu desa.

Hal ini dikatakan Sekretaris Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Affandi dalam penyerahan bantuan sepeda motor sebagai alat kerja penyuluh di Palembang, Sumsel, Rabu (2/5/2012).

"Jumlah penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan di Sumsel 1.231 orang. Desa yang perlu dibina 3.156 desa. Jadi  satu orang rata-rata pegang tiga desa. Ini cukup berat," ujarnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan pula, penyuluh pertanian adalah ujung tombak kesuksesan program-program pembangunan pertanian yang dicanangkan pemerintah. Tiga program pertanian tahun 2012 itu adalah swasembada beras, swasembada gula, dan diversifikasi pangan.

"Peran penyuluh pertanian sangat penting untuk kesuksesan program-program ini," kata Alex, sebelum menyerahkan bantuan Kementerian Pertanian berupa sepeda motor sebagai alat kerja kepada para penyuluh.

Sebanyak 105 penyuluh pertanian di 15 kabupaten di Sumsel memperoleh sepeda motor sebagai alat kerja. Sepeda motor diharapkan dapat meningkatkan kinerja para penyuluh yang mencakup wilayah cukup luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com